Posted by : Fakhrur Razie Wednesday, November 7, 2012

BAB I 
PENDAHULUAN


1.1           Latar Belakang.
Kecamatan Panekan terletak di sebelah timur lereng Gunung Lawu dengan ketinggian 500 – 700 m dpal dengan luas wilayah 7.035.736 ha. Kondisi alam pegunungan dengan habitat tanaman hutan perkebunan, tanaman pangan, hortikultural. Untuk tanaman pangan yang dominan adalah padi, jagung dan ubi jalar, diantara ketiga jenis tanaman tersebut yang paling luas adalah tanaman jagung, karena tanaman jagung dapat di tanam di tanah sawah maupun tanah tegal, sehingga luas pertanaman atau luas panen tanaman jagung dalam satu tahun mencapai 2.411 ha dengan produksi total 171.451 kw. Sedangkan pemanfaatan hasil panen jagung ini untuk sementara ini masih banyak yang digunakan sebagai pemenuhan pakan ternak ayam, jadi petani menjualnya berupa jagung pipilan kering.
Dalam upaya mencari alternatif pemanfaatan hasil panen jagung tersebut di Kelurahan / Kecamatan Panekan pada tahun 2002 ini berdiri Perusahaan Camilan “Sejo Agung” yang hasil produksinya adalah brondong jagung. Pada proses agroindustri brondong jagung tersebut melibatkan pemasak bahan baku, bahan penolong, tenaga kerja, modal dan lembaga-lembaga pemasaran yang memiliki peran dan kepentingan berbeda dalam suatu sistem agroindustri. Kendala yang dihadapi perusahaan Agroindustri Brondong Jagung di Perusahaan Sejo Agung antara lain : (1) ketersediaan bahan baku yang tidak kontinyu (2) proses pengolahan yang menggunakan teknologi yang masih sederhana sehingga mutu/kualitas masih perlu ditingkatkan, (3) keterbatasan modal pengusaha untuk penyediaan bahan baku, (4) pemasaran belum bisa memanfaatkan pasar lokal. Kendala tersebut di atas timbul karena mungkin masih terbatasnya pemahaman perusahaan tentang hal ikwal Agribisnis maupun agroindustri. Sedang prospek pasar bagi perusahaan Agroindustri brondong jagung di Perusahaan Sejo Agung nampaknya masih luas karena pasar lokal ( Magetan ) belum dimanfaatkan secara maksimal dan perusahaan Agroindustri Brondong jagung di Kabupaten Magetan juga baru satu-satunya yaitu perusahaan Sejo Agung ini

 
Oleh karena agroindustri brondong jagung merupakan bagian dari sistem agribisnis yang memproses dan mentransformasikan produk-produk mentah hasil pertanian menjadi barang jadi yang langsung dapat di konsumsi, maka perlu diupayakan dan dilestarikan pengembangan komoditas jagung dan menciptakan struktur argibisnis dan agroindustri yang memadai.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Pages

Powered by Blogger.

Blog Archive

- Copyright © DOWNLOAD SKRIPSI TERBARU 2013 -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -