Posted by : Fakhrur Razie Sunday, February 10, 2013

Di dalam era globalisasi dan pasar bebas, berbagai jenis barang dengan ratusan merek membanjiri pasar Indonesia. Persaingan antar merek setiap produk akan semakin tajam dalam merebut konsumen. Bagi konsumen, pasar menyediakan berbagai pilihan produk dan merek yang banyak. Konsumen bebas memilih produk dan merek yang akan dibelinya. Keputusan membeli ada pada diri konsumen. Konsumen akan menggunakan berbagai kriteria dalam membeli produk dan merek tertentu, diantaranya adalah ia akan membeli produk yang sesuai kebutuhannya, seleranya dan daya belinya. Konsumen tentu akan memilih produk yang bermutu lebih baik dengan harga yang lebih murah.
Keputusan pembelian didefinisikan sebagai pemilihan suatu tindakan dari           dua atau lebih pilihan alternatif, menurut Schiffman dan Kanuk (Sumarwan, 2003:289). Keputusan membeli oleh seorang konsumen terhadap suatu produk diawali dengan kesadaran pembeli akan adanya masalah kebutuhan. Konsumen menyadari bahwa terdapat perbedaan antara kondisi sesungguhnya dengan kondisi yang diinginkan. Hal ini mengakibatkan konsumen aktif mencari informasi yang lebih banyak untuk mengetahui produk yang diminatinya. Setelah memperoleh informasi dan melakukan evaluasi barulah seorang konsumen akan memutuskan untuk membeli suatu produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Sebelum keputusan tersebut diambil, seseorang akan dihadapkan pada suatu proses pengambilan keputusan yang terdiri dari pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian dan purna beli konsumen. 

Oleh karena itu para pemasar berkewajiban untuk memahami konsumen, mengetahui apa yang dibutuhkannya, apa seleranya dan bagaimana ia mengambil keputusan sehingga dapat memproduksi barang yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Pemahaman yang mendalam mengenai faktor-faktor apa yang mempengaruhi konsumen sehingga melakukan pembelian, melalui : kualitas produk, merek, harga dan promosi. Penelitian ini mengacu dari penelitian yang dilakukan oleh Diah Pitaloka, 2010, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat di USU Medan, dimana variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian laptop adalah kualitas produk, merek, harga dan promosi.
Pentingnya faktor-faktor tersebut diketahui, maka dalam penelitian ini dilakukan penelitian pada perusahaan Waralaba, khususnya pada produk busana muslim. Dimana dalam memasarkan busana muslim, maka perlu diperhatikan mengenai kualitas produk, harga, merek dan promosi. Dimana kualitas produk berkaitan dengan daya tahan kain, keistimewaan, keandalan, kesesuaian. Harga berkaitan dengan nilai yang disesuaikan dengan produk busana muslim, merek adalah merupakan tangible dan intangibleyang terwakili dalam sebuah trademark(merek dagang) yang mampu menciptakan nilai dan pengaruh tersendiri di pasar bila diatur dengan tepat. Sedangkan promosi adalah komunikasi dari penjual yang berasal dari informasi yang tepat dan bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga tetap mengingat produk tersebut.
Berdasarkan uraian ini peneliti tertarik untuk memilih judul penelitian “Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Busana Muslim (Studi Kasus Perusahaan Waralaba)
 Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Pages

Powered by Blogger.

Blog Archive

- Copyright © DOWNLOAD SKRIPSI TERBARU 2013 -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -